Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester 1
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama XXXXX BANDAR LAMPUNG
Kelas : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
- Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal verbal pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
| Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut A. Are you sure ? B. I am. It is confirmed
A. Well… I am not sure B. Don’t worry
| 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan memakai gambit-gambit yang relevan. Contoh: Kepastian: – of course I would – I certainly would Keraguan: – I don’t know – I can’t decide 2. Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi 3. Mengidentifikasikan gambit-gambit yang dipakai dalam percakapan 4. Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
| · Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian
· Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan
| Tes lisan
Tes tertulis | Pertanyaan
– Pilihan ganda
-Melengkapi per cakapan | – Respond the teacher’s statement! T: “Are you sure? S: “…….”
– Choose the correct expression to complete the dialogue below
– Complete the dialogue according to the conversation!
| 2×40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)
2. Script percakapan 3. Buku teks yang relevan |
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menawarkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
| Percakapan memuat ungkapan berikut :
I beg your pardon?/Pardon?
A. I’ve got good news! B. Tell me more about it.
A. What a beautiful day! B. It is. Shall we go to the beach ?
| 1. Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi. 2. Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih. 3. Tanya jawab memakai ungkapan-ungkapan terkait materi. 4. Mendengarkan percakapan yang memakai ungkapan terkait materi. 5. Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan. 6. Merespon ungkapan yang diucapkan guru.
| · Merespon ungkapan meminta pengulangan
· Merespon ungkapan mengambarkan perhatian
· Merespon ungkapan menyatakan kegaguman
| Tes tulis | Isian singkat | Listen to the dialoque and complete the sentences. | 2 x 40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)
2.Script percakapan Buku teks yang relevan |
Standar Kompetensi : Mendengarkan
- Memahami makna dalam teks verbal fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks verbal fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
| · Teks fungsional /pendek – pesan singkat – iklan – pengumuman
| 1. Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan proteksi rujukan / model. 2. Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu. 3. Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu. 4. Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan
| · Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, iklan dan pengumuman
· Mengidentifikasi gosip yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, pesan singkat, iklan, pengumuman
| Tes Tulis | Isian singkat | Listen to the text and complete the sentences. | 2×40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD) 2. Teks-teks otentik berbentuk mekanisme (misal, resep-resep masakan, manual) 3. Buku teks yang relevan
|
2.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report | Teks monolog berbentuk procedure dan report.
| 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan tema tertentu, contohnya photography 2. Membahas langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report dengan memakai ungkapan-ungkapan giving and demanding service 3. Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk procedure/report 4. Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan
| · Mengidentifikasi aneka macam gosip dalam teks monologpendek berbentuk procedure/report · Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks monolog berbentuk procedure/report · Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report | Tes lisan
Tes tertulis | Unjuk kerja
Pilihan ganda
Melengkapi kalimat rumpang | – Demonstrate how to operate a digital camera! The teacher will read the instruction for you
– Choose the correct answer. Listen carefully! – Complete the sentences! | 2×40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD) 2. Teks monolog berbentuk prosedur 3. Teks-teks otentik berbentuk mekanisme (misal, resep-resep masakan, manual |
Standar Kompetensi : Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal verbal pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
| Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan:
A. Are you sure ? B. I am. It is confirmed.
A. Well… I am not sure. B. Don’t worry.
| 1. Tanya jawab menggali kosakata terkait topik/tema yang dipelajari
2. Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi
3. Mendengarkan percakapan yang memakai ungkapan yang telah dipelajari
4. Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan
5. Melakukan percakapan menurut situasi yang diberikan | · Bertanya dan menjawab ihwal meminta dan memberi kepastian
· Bertanya dan menjawab ihwal mengungkapkan dan menanggapi keraguan
| Tes lisan
| Performance | Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!
| 2 x 40 menit | 1. Buku text yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3.Benda benda sekitar |
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menawarkan perhatian, dan menyatakan kekaguman | 1. Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.
2. Tanya jawab memakai ungkapan terkait materi.
3. Mendengarkan percakapan memakai ungkapan terkait.
4. Menjawab pertanyaan ihwal isi percakapan.
5. Bermain tugas melaksanakan percakapan.
| · Bertanya dan menjawab ihwal meminta pengulangan
· Bertanya dan menjawab ihwal mengambarkan perhatian
· Bertanya dan menjawab ihwal menyatakan kekaguman | Percakapan singkat memuat ungkapan berikut :
I beg your pardon? /Pardon?
A. I’ve got good news! B. Tell me more about It!
A. What a beautiful day! B. It is. Shall we go to the beach ?
| Tes lisan | Bermain peran | Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class! | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3.Benda benda sekitar |
Standar Kompetensi : Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam teks verbal fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks verbal fungsional pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
| · Teks fungsional / pendek – pesan singkat. – iklan. – pengumuman | 1. Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas. 2. Mengidentifikasi aneka macam gosip dalam teks. 3. Membuat draft jenis teks fungsional : – pengumuman. – pesan singkat – iklan 4. Menyampaikan secara verbal : – pengumuman. – pesan singkat – iklan
| · Menyampaikan pengumuman. · Menyampaikan pesan singkat. · Mempromosikan (mengiklankan sesuatu).
| Tes Lisan | Performance | 1. Announce your school mates to gather in the lab after school!
2. Tell your friend to wait for you after school!
3. Promote the product from your village!
| 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang terkait tema
3. Benda-benda elektronik
4. Ruang multi media |
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report | Teks monolog berbentuk procedure dan report.
| 1. Tanya jawab ihwal salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio) 2. Membuat kalimat perintah/pernyataan menurut gambar kegiatan. Misal: – Press the sajian button – Sellect the number of contact 3. Tanya jawab ihwal cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) memakai gambit-gambit tertentu – Can you show me….. – Sure/ I’m not sure – Let me show you. First…, then…, finally. 4. Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan proteksi gambar/urutan kegiatan | · Melakukan monolog pendek dalam bentuk – Procedure/report
| Tes lisan
| Performance | Please tell us how to send sms using your HP (alternative lain boleh dipilih)
Observe a certain kind of things you like best and report it to the class | 4 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang terkait tema
3. Benda-benda elektronik
4. Ruang multi media |
Standar Kompetensi : Membaca
5.Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
| · Teks monolog procedure/report · Makna gagasan teks procedure · Informasi factual · Informasi rinci · Informasi tersirat dalam teks procedure dan report · Tujuan komunikatif teks procedure dan alat
· Langkah retorika – teks procedure (purpose material-steps) – teks report (identification-description)
| 1. Tanya jawab ihwal aneka macam hal yang terkait tema/topik yang dipilih 2. Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait tema terkait topik / jenis teks prosedur 3. Tanya jawab ihwal cara mengerjakan/membuat sesuatu 4. Membaca teks prosedur 5. Menjawab pertanyaan ihwal aneka macam gosip dalam teks prosedur – Tujuan komunikatif – Bahan yang diperlukan – Cara melakukan.membuat sesuatu – Langkah retorika teks procedure/report – Ciri kebahasaan teks prosedur 6. Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat | · Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report
· Mengidentifikasi aneka macam gosip yang terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report
· Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/report
· Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks berbentuk procedure/report
· Membaca nyaring teks berbentuk procedure/report
| Tes tulis
Tes lisan | Pertanyaan Bacaan
Membaca nyaring | Answer the following questions based on the text
Read the text aloud | 4×40 menit | 1. Buku teks yang relevan 2. Buku resep bahasa Inggris 3. Gambar-gambar ihwal cara-cara melakukan/membuat sesuatu 4. Gambar terkait tema 5. Realia 6. CD 7. CD player 8. TV |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
| · Makna gagasan dan tekstual dalm teks fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat
· Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman
| 1. Tanya jawab ihwal aneka macam hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibaca. 2. Membahas kosa kata dan ungkapan yang dipakai dalam teks yang akan dibaca. 3. Membaca teks fungsional pendek 4. Menjawab pertanyaan ihwal isi teks. 5. Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya. 6. Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca. 7. Membaca nyaring
| · Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek; pengumuman, iklan, pesan singkat
· Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, pengumuman
| Tes Tulis
Tes lisan
Tes lisan | 1. Pilihan ganda
2. Isian singkat
3. Membaca nyaring | Choose the best option, a, b, c or d based on the text.
Complete the sentences based on the text.
Read the text aloud | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan.
2. Contoh teks fungsional : – iklan. – pengumuman. – pesan singkat
3. Gambar yang relevan
|
Standar Kompetensi : Menulis
- Mengungkap kan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
| · kalimat sederhana – imperatives – simple present
Teks fungsional pendek : 1. iklan 2. surat pribadi | 1. Tanya jawab aneka macam hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibahas. 2. Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi. 3. Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks. 4. Menulis kalimat pendek dan sederhana memakai unsur bahasa yang diperlukan. 5. Menulis teks fungsional pendek menurut konteks.
| · Menulis kalimat pendek dan sederhana
· Menulis teks fungsional pendek dan sederhana
| Tes Tulis | Uraian | 1. Write simple sentences based on the picture given. 2. Write an advertisement based on the picture 3. Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town.
| 4 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan
2. Buku resep bahasa Inggris
3. Gambar-gambar ihwal cara-cara melakukan/membuat sesuatu
4. Gambar terkait tema
5. Realia
|
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
| · kalimat acak dari teks procedure/report
· teks monolog pendek berbentuk procedure/report | 1. Review berbagai hal ihwal teks procedure – Tujuan komunikatif – Langkah retorika – Ciri kebahasaan 2. Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait topik/jenis teks procedure 3. Menyusun kalimat acak menurut urutan gambar 4. Menulis teks procedure berdasarkan perintah yang diberikan | · Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report
· Menulis essay berbentuk procedure
| Tes tulis
Tes tulis | Menyusun kalimat
Uraian | Rearrange the following jumbled sentences in a good order.
Write a procedure text telling how to operate a computer
Write a report on a certain kind of thing or place around you. | 4 x 40 menit | 1Buku teks yang relevan
2.Buku resep bahasa Inggris
3.Gambar-gambar tentang cara-cara
4.melakukan/mem buat sesuatu
5.Gambar terkait tema
6.Realia
|
Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :
- Rencana Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1
- Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2
- Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
- Contoh Rencana Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama kelas 7 Semester 2