Rencana Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Smp : negri 100
Mata Pelajaran : Bahasa inggris
Kelas/Semester : VIII / I
Alokasi Waktu : 2 X40 menit
STANDAR KOMPETENSI :
Mengungkapkan makna dalam teks verbal fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
KOMPETENSI DASAR :
Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks fungsional pendek sederhana verbal secara akurat, lancer, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
INDIKATOR
- Mengungkapkan secara verbal teks fungsional pendek berbentuk invitation
- Bertanya dan menjawab secara verbal aneka macam isu wacana teks fungsional pendek berupa invitation
Jenis teks : fungsional
Tema : friendship
Aspek / skil : Berbicara
I.TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Siswa sanggup menciptakan ungkapan – ungkapan undangan secara lisan
- Siswa secara kelompok sanggup mengungkapkan undangan menurut situasi yang di berikan
- Siswa sanggup menjawab pertanyaan wacana teks berupa undangan
- MATERI AJAR:
- Teks fungsional pendek
- Kosa kata terkait tema jenis teks
STUDENT’S ORGANIZATION
Smp negeri 16 jl. Pemuda no 16
Bandar lampung 34255.Telp (0721) 5566778
To : Rio
We invite you to attend our meeting
It will be held :
- On Sunday august 27,2009
- At 11 : 00 am
- In the school hall
Agenda : final prepation for wall magazinecompetion 2009
Please come on time
See you there
Secretary chair person
III. METODE PEMBELAJARAN :
Communicative approach
NO | Kegiatan | Waktu |
A | Awal: 1. Salam dan Doa 2. Absensi 3. Brainstorming | 10 menit |
B
| Inti : 1. Guru membacakan teks funsional pendek berupa invitation 2. siswa bertanya wacana fungsional pendek berupa invitation 3. siswa mempraktekan kedepan kelas wacana teks fungsional pendek berupa invitation
Akhir: 1. Refleksi dan menunjukkan kiprah untuk pertemuan selanjutnyaa 2. salam akhir. | 30 menit
10 menit |
- Alat/ Bahan/ Sumber belajar
- Alat :Informal invitation
- Bahan : Students’ Sheet
- Sumber : Let’s talk,yudhistira, and smart step
- Penilaian
- Bentuk evaluasi :Individu
- Soal : Essai (terlampir)
- System pensekoran :
Bandar lampung,… oktober 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Menengah Pertama N 100 Guru mata pelajaran
XXXXXX, S, S.Pd XXXXXX, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Smp : negeri 100
Mata Pelajaran : Bahasa inggris
Kelas/Semester : VIII / I
Alokasi Waktu : 2 X40 menit
STANDAR KOMPETENSI :
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal verbal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
KOMPETENSI DASAR :
Memahami dan merespon percakapan transaksional dan interpersonal sederhana dengan memakai ragam bahasa verbal secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar melibatkan tindak tutur mengundang, menerima, menolak ajakan, menyetujui / tidak menyetujui dan memberi selamat.
INDIKATOR
- Bertanya dan menjawab wacana mengundang, menerima, menolak ajakan
- Bertanya dan menjawab wacana memuji, menyetujui
- Bertanya dan menjawab wacana memberi selamat
Jenis teks : transaksional
Tema : friendship
Aspek / skil : berbicara
I.TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Siswa sanggup menemukan isu pendek wacana invitation
- Siswa sanggup menemukan cirri kebahasaan dalam undangan
- MATERI AJAR:
Ratna : Hello, may i speak to anna?
Anna : who’s speaking?
Ratna : this is ratna
Anna : hi ratna, what’s up?
Ratna : would you like to come my party, anna?
Anna ; when?
Ratna : it’s on next Sunday, august. 13 it street at 7 o’clock.
Anna : I would like to come but we are out of town that weekend.
Ratna : that’s too bad
Anna : I know. Like party, especially attending your party I’am sorry
Ratna : okay then
Anna : thank you anyway
Ratna : you’re welcome.
III. METODE PEMBELAJARAN :
Three – there technique
NO | Kegiatan | Waktu |
A | Awal: 1. Salam dan Doa 2. Absensi 3. Brainstorming | 10 menit |
B
| Inti : 4. siswa mendengarkan percaapan yang di bacakan oleh guru dalam bentuk undangan 5. guru bersama – sama siswa membahas makna kata yang dipakai dalam invitation 6. guru membagi siswa dalam beberapa kelompok in pair 7. siswa mempersentasikan hasil diskusi ke depan kelas 8. guru menunjukkan kiprah individu kepada siswa untuk menciptakan percakapn dengan tujuan mengundang. Akhir: 1. Refleksi dan menunjukkan kiprah untuk pertemuan selanjutnyaa 2. salam akhir. | 40 menit
10 menit |
- Alat/ Bahan/ Sumber belajar
- Alat :Informal invitation
- Bahan : Students’ Sheet
- Sumber :,yudhistira and smart step
- Penilaian
- Bentuk evaluasi :Individu
- Soal : Essai (terlampir)
- System pensekoran :
Bandar lampung,… Oktober 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Menengah Pertama N 100 Guru mata pelajaran
XXXXXX, S, S.Pd XXXXXX, S.Pd
Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :
- Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2
- Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
- Contoh Rencana Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama kelas 7 Semester 2
- Contoh Rencana Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama Semester 1 Kelas 7