Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2
Nama Sekolah : Sekolah Menengah Pertama XXXXX
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 2 (dua)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
7.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta | ü Kepedulian
ü Kejujuran
ü Kerjasama
| 1. Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan Contoh: Asking for and giving services A : Pass me the pencil, please! B : Sure. Here you are. Asking for and giving things A : Give me a piece of paper, please! B : Sure, Here You are. Asking for and giving facts A : Did you come here yesterday? B : I did/I didn’t.
2. Tata Bahasa · Simple Past tense · Quantifiers
3. Kosa kata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks
4. Ungkapan Baku · Sure, Please
| 1. Tanya jawab wacana banyak sekali hal terkait materi
2. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun phrase, adjective, adverb, verb yang terkait dengan meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, meminta dan memberi fakta
3. Mendengarkan percakapan sesuai dengan materi
4. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi percakapan
5. Menjawab pertanyaan wacana struktur percakapan
| Merespon ungkapan-ungkapan :
1. Meminta dan memberi jasa
2. Meminta & memberi barang
3.Meminta & memberi fakta yang benar
| 1. Tes lisan
2. Tes tertulis
3. Tes lisan
4. Penilaian diri | 1. Merespon ungkapan
2.Matching
3.Memberi balasan singkat
4.Lembar evaluasi diri | 1. Listen to the expression and respond to it. A. Pass me the pencil, please. B. …
2. Listen and match it with the suitable response. A: Give me a piece of paper, please B: … a. Sure. Here you’re. b. You’re welcome. c. I think so. d. Great.
3. Give a short answer. “Where do you live?
4. I help others in the group discussion. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never | 6 x 35 menit
| Script percakapan
Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk
|
7.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal | ü Kedemokratisan
ü Kejujuran
ü Kepedulian | 1. Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan Contoh : Asking for and giving opinion A : What do you think? B : Not bad Likes and dislikes A : I like working hard B : I do too. But I dont like working late at night. A : But I do! Asking for clarification A : What did you say ? B : I said …. Responding interpersonally A : Are you? B : Yes, I am
2. Tata Bahasa · Verb : Like, need, want
3. Kosa kata · Daily needs · Kata terkait jenis teks · Kata terkait huruf kejujuran
4. Ungkapan Baku · Not bad · Great!
| 1. Mendengarkan dan merespon ungkapan-ungkapan wacana asking for and giving opinion, likes and dislikes, asking for clarification dan responding interpersonally dengan sungguh-sungguh.
2. Membahas kosakata dan tatabahasa wacana topik bahan yang akan dipelajari dengan sumbangan guru.
3. Mengidentifikasi makna tindak tutur ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan
4. Merespon makna ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan | 1. Mengidentifikasi makna dalam ungkapan-ungkapan ynag diperdengarkan
2. Merespon ungkapan-ungkapan: a. Meminta dan memberi pendapat wacana hukum sekolah b. Menyatakan suka dan tidak suka c. Meminta klarifikasi d. Merespon secara interpersonal
| 1. Tes tulis
2. Tes tulis
| 1. Pilihan ganda
2. Pilihan ganda
| Listen to the text and choose the best answer. A: What do you think of John? B: He’s a good boy. What is John like? a. … b. … c. … d. …
What do you think of cleaning our classroom every morning? a. … b. … c. … d. …
| 6 x 35 menit
| Script percakapan di buku teks
Functional English for Junior High School Grade II
|
Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks ekspresi fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
8.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks ekspresi fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
| ü Kepedulian
ü Kecerdasan
ü Kerja sama
| 1. Teks fungsional pendek berupa : · Instruksi · Daftar barang · Ucapan selamat · Pengumuman
2. Kosakata terkait tema dan jenis teks
3. Ciri kebahasaan teks fungsional : · instruksi · daftar barang · ucapan selamat · pengumuman
| 1. Brain storming wacana teks fungsional pendek
2. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait bahan wacana : noun, noun phrase, adjective, verb, adverb.
3. Mendengarkan teks fungsional yang mengunakan gambit-gambit attention please, thanks, excuse me, sorry.
4. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks yang didengar secara berpasangan.
5. Menjawab pertanyaan wacana struktur teks fungsional yang didengar
| 1. Merespon makna dengan benar dalam teks fungsional pendek · Instruksi · Daftar barang · Ucapan selamat · Pengumuman
2. Menentukan tujuan komunikatif teks yang didengar
3. Menentukan jenis teks fungsional pendek yang di dengar dengan tepat
| 1. Tes lisan
2. Per assess-ment | 1. Jawaban singkat
2. Lembar per assess-ment | 1. Listen to the text and answer the questions. Who gave the announcement? …
What is communicative purpose of the text? …
What type of text is it? …
2. I notice she/he shares ideas with others in group discussions. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 2 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Kartu ucapan selamat
Let’s Talk
|
8.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
| ü Kecerdasan
ü Kerjasama
ü kejujuran
| 1. Teks monolog berbentuk: · Deskripsi · Prosedur
2. Kosakata terkait tema / jenis teks
3. Ciri kebahasaan teks deskriptif dan procedur.
4. Langkah retorika teks deskriptif / prosedur
| 1. Mendengarkan dan merespon wacana banyak sekali hal terkait tema / jenis teks yang dibahas.
2. Membahas kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam teks descriptive / prosedure secara berkelompok
3. Mendengarkan model monolog teks descriptive / prosedure
4. Menjawab pertanyaan secara ekspresi wacana makna, tujuan komunikatif dan langkah retorika teks dengan benar
5. Melakukan refleksi diri terhadap tugas-tugas yang dilaksanakan selama proses pembelajaran secara jujur
| 1. Merespon makna dalam teks ekspresi monolog berbentuk a. Deskripsi b. Prosedur
2. Menentukan ciri kebahasaan dan langkah retorika teks yang didengar.
3. Menentukan tujuan komunikatif teks yang didengar.
| 1. Tes lisan
2. Per assess-ment | 1. Jawaban singkat
2. Lembar per assess-ment | Listen and answer the following questions
What does Lulu look like? …
What is the structure of the text? …
What is the communicative purpose of the text? …
2. I notice she/he works cooperatively in the group discussion. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 2 x 35 menit
| Script teks monolog deskriptif/ prosedur
|
Standar Kompetensi : 9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa ekspresi secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta
| ü Percaya diri
ü Kepedulian
ü Keujuran
| 1. Percakapan singkat memuat ungkapan- ungkapan : Contoh: Asking for and giving services A :Pass me the pencil, please! B :Sure. Here you are. Asking for and giving things A : Give me a piece of paper, please! B : Sure, Here You are. Asking for and giving facts A : Did you come here yesterday? B : I did/I didn’t.
2. Tata Bahasa · Simple Past tense · Quantifiers
3. Kosa kata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks
4. Ungkapan Baku · Sure · Please
| 1. Review tindak tutur yang telah dipelajari berkaitan dengan asking for and giving services, things, facts
2. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, adjective, adverb, noun phrase yang lazim dipakai dalam tindak tutur tersebut
3. Menirukan dengan cermat ungkapan-ungkapan yang dipakai dalam percakapan sesuai materi
4. Berlatih dengan sobat mengunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan
5. Bermain kiprah memakai ungkapan yang telah dipelajari dengan penuh percaya diri
6. Melakukan refleksi terhadap acara yang telah dilakukan selama proses pembelajaran dengan jujur
| 1. Mengungkapakan makna tindak tutur wacana meminta dan memberi jasa
2. Merespon dengan penuh percaya diri makna tindak tutur wacana meminta dan memberi barang
3. Melakukan percakapan singkat tentang meminta dan memberi fakta dengan jujur
| 1. Unjuk kerja
2. Tes Lisan
3. Unjuk kerja
| 1. Bermain peran
2. Merespon ungkapan
3. Bermain peran
| 1. Read the situation and create a short dialogue then perform it in front of the class in pairs
2. Listen to the expression and respond to it , example : A : Pass me the salt, please. B : …
Create a dialogue based on the pictures and perform 3. it
| 6 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
|
9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) & interpersonal (bersosialisai) sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa ekspresi secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal
| ü Kejujuran
ü Kesantunan
ü Kepatuhan terhadap hukum sosial | 1. Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan Contoh : Asking for and giving opinion A : What do you think? B : Not bad Likes and dislikes A : I like working hard B : I do too. But I dont like working late at night. A : But I do! Asking for clarification A : What did you say ? B : I said …. Responding interpersonally A : Are you? B : Yes, I am
2. Tata Bahasa Verb : Like, need, want
3. Kosa kata · Daily needs · Kata terkait jenis teks · Kata terkait hukum sosial.
4. Ungkapan Baku · Not bad. · Great!
| 1. Diskusi wacana kosa kata dan tata bahasa terkait dengan tindak tutur asking for and giving opinion, likes and dislikes, asking for and giving clarification dan responding interpersonally
2. Berlatih mengucapkan tindak tutur tersebut dengan ucapan dan intonasi yang benar
3. Mendengarkan model percakapan dan menirukannya dengan tepat
4. Melakukan percakapan transaksional dan interpersonal memakai tindak tutur tersebut secara berpasangan. | 1. Bermain kiprah memakai ungakapan-ungakapan:
· asking for and giving opinion · likes and dislikes · asking for and giving clarification · responding interpersonally
| 1. Unjuk kerja
| 1. Bermain peran
| Read the situations, and create a simple dialogue then perform it. Do it in pairs.
| 6 x 35 menit
| Script percakapan dalam buku teks
Functional English for Junior High School Grade II
|
Standar Kompetensi : 10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks ekspresi fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
10.1. Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks ekspresi fungsional pendek sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa ekspresi secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
| ü Kereligiusan
ü Kepedulian
ü Kerja sama
| 1. Teks fungsional pendek berupa : § Instruksi § Daftar barang § Ucapan selamat § Pengumuman
2. Kosakata terkait tema dan jenis teks
3. Ciri kebahasaan teks fungsional : · instruksi · daftar barang · ucapan selamat · pengumuman
| 1. Review bahan yang berkaitan dengan teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar barang, ucapan selamat dan pengumuman
2. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topic yang akan dibahas
3. Menirukan ungkapan yang dipakai dalam teks fungsional pendek sesuai materi
4. Mendengarkan model teks fungsional / pendek dengan seksama
5. Menjawab pertanyaan wacana isi teks yang didengar dengan benar.
6. Mengguanakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari untuk memberi instruksi, menyebutkan daftar barang, memperlihatkan ucapan selamat dan memperlihatkan pengumuman.
| Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk :
1. Instruksi yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan 2. Daftar barang yang diperlukan dalam perayaan hari besar keagamaan 3. Pengumuman wacana pengumpulan dana sosial 4. Ucapan selamat yang terkait dengan perayaan keagamaan
| 1. Unjuk kerja
2. Tes lisan
3. Unjuk kerja
4. Unjuk kerja
5. Self assess-ment
| 1. Uji petik berbicara
2. Menyebutkan daftar benda
3. Uji petik berbicara
4. Uji petik berbicara
5. Lembar evaluasi diri
| 1. Give instrtruction to your friend orally based on the picture and let him or her do it.
2. Look at the picture shown by your partner and mention the things you can remember.
3. Give an announcement related to fund raising for the charity: Greet your friend when he or she celebrates: · Lebaran Day · Chistmast · Nyepi Day · Waisak day
4. I help others in the group discussion. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never | 4 x35 menit
| Script percakapan dari buku teks
Let’s Talk
|
10.2. Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa ekspresi secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
| ü Percaya diri
ü Kecerdasan
ü Ketangguhan
| 1. Teks monolog berbentuk: · Deskripsi · Prosedur
2. Kosakata terkait tema (contoh, diri sendiri, keluarga dan sekolah) dan jenis teks
3. Ciri kebahasaan Teks: · deskriptif (adjective phrases, noun phrases, simple present, etc,) · procedur (imperatives, quatifiers, sentence connectors, etc.)
4. Langkah retorika Teks: · deskriptif (identification and descriptions) · prosedur (goal, ingredients/materials and steps/instructions)
| 1. Mendengarkan dengan seksama dan merespon banyak sekali hal terkait teks deskripsi dan prosedur
2. Mendengarkan model monolog ekspresi wacana teks deskripsi dan prosedur
3. Merespon makna teks deskripsi dan mekanisme yang didengar dengan benar
4. Menyusun draft teks deskripsi/ mekanisme dan mendiskusikannya dalam kelompok
5. Mereview draft dan melaksanakan monolog secara individu | 1. Mengungkapkan
2. Melakukan monolog singkat secara runtut dan berterima dalam bentuk deskripsi dan prosedur | 1. Tes lisan
2. Unjuk kerja | 1. Jawaban singkat
2. Uji petik berbicara
| 1. Describe the following pictures in a simple sentence!
2. Give instructions based on the pictures.
3. Do a monologue of description about certain things you like.
4. Tell how to do something based on the series of pictures provided. | 8 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Alat peraga, Gambar yang relevan
Let’s Talk
|
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
11.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
| ü Kecerdasan
ü Kepedulian
| 1. Teks fungsional pendek berupa : · Instruksi · Daftar barang · Ucapan selamat · pengumuman
2. Tatabahasa · Adverb phrase · Noun Phrase · Adj Phrase
3. Kosakata · Kata terkait tema dan jenis teks · Ungkapan baku · Listen, Please! · Attention, please!
| 1 Tanya jawab yang berkaitan dengan bahan dengan sumbangan guru
2 Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb dalam kelompok
3 Mendengarkan teladan membaca nyaring yang dilakukan guru
4 Berdiskusi dengan sobat menjawab pertanyaan bacaan
5 Menjawab pertanyaan bacaan secara ekspresi individual
6 Membaca nyaring bergiliran | 1. Mengidentifikasi banyak sekali informasi · Gambaran umum · Informasi tersirat · Informasi rinci · Makna kata tertentu dalam teks fungsional pendek berupa: a. Instruksi b. Daftar barang c. Ucapan selamat d. Pengumuman
2. Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional pendek yang dibaca
3. Membaca nyaring teks fungsional pendek yang disediakan dengan ucapan dan intonasi yang berterima
| 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Unjuk kerja | 1. Uraian singkat
2. Pilihan Ganda
3. Jawaban Singkat
4. Uji petik membaca nyaring
| 1. Write the complete answers to the following questions based on the text. What is the text about?
2. Choose the best answer based on the text by crossing a,b,c,d The main idea of paragraph 1 is… a. … b. … c. … d. …
3. What is the communicative purpose of the text?
4. Read the text loudly.
| 4 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk
|
11.2. Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure
| ü Kecerdasan
ü Kepedulian
ü Kerjasama | 1. Teks Esai berbentuk descriptive/procedure
2. Kosakata terkait tema / jenis teks.
3. Ciri kebahasaan teks : · procedure · descrptive
4.Ungkapan baku · Delicious! · It smells good! | 1. Mendengarkan dengan seksama dan merespon berbagai gosip yang terdapat dalam teks deskripsi/prosedur
2. Membahas kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan teks dalam kelompok
3. Membaca teks deskripsi dan mekanisme secara seksama untuk menemukan banyak sekali gosip dalam teks
4. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks, tujuan dan langkah retorika teks deskripsi dan prosedur
| 1. Mengidentifikasi dengan cermat banyak sekali gosip dalam teks descripsi dan procedur secara berpasangan
2. Mengidentifikasi secara sempurna tujuan komunikatif teks deskripsi/ prosedur
3. Mengidentifikasi secara tepat langkah retorika teks deskripsi /prosedur
4. Menyebutkan ciri kebahasaan teks descripsi /prosedur dengan tepat.
| 1. Tes lisan
2. Tes tertulis
3. Tes tertulis
4. Tes tertulis | 1. Uraian singkat
2. Pilihan Ganda
3. Tes Identifikasi
4. Daftar kata | 1. Read the text carefully and then answer the following questions briefly!
How many ingredients are there in the text? ……
2. Read the text and choose the best answer
What is the purpose of the text? a. … b. … c. … d. …
3. Underline the sentence of the identification in the text
4. List all the verbs and adjectives stated in the text.
| 4 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Gambar beberapa orang dengan bentuk dan ciri yang berbeda
Orang orang di sekitar
|
11.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
| ü Percaya diri
ü Ketangguhan
ü Kemandirian | 1. Teks Esei berbentuk descriptive dan procedure
2. Pronunciation
3. Intonation
4. Juncture
| 1 Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam acara membaca nyaring teks descripsi dan prosedur tentang: · pronunciation, · intonation, · junture dan · kualitas suara
2 Mendengarkan dengan cermat model membaca nyaring teks deskripsi dan prosedur
3 Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4 Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang terang dan benar
3. Membaca nyaring teks descripsi dan mekanisme dengan lancar
| 1. Tes unjuk kerja
2. Tes unjuk kerja
3. Tes unjuk kerja
| 1. Uji petik
2. Uji petik
3. Uji petik Membaca nyaring | 1. Pronounce the following words or phrases correctly!
2. Read the following sentences by applying clear and correct intonation!
3. Read the following text loudly and fluently! | 2 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk
|
Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
12.1. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
| ü Kecerdasan
ü Ketangguhan
ü Kemandirian
| 1. Teks fungsional · Instruksi · Daftar barang · Pengumuman · Ucapan selamat
2. Kosakata terkait / jenis teks
3. Ciri kebahasaan fungsional
4. Tanda Baca (Spelling)
| 1. Tanya jawab berkaitan materi
2. Membahas dan menyebarkan kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb, simple Present tense, imperative
3. Membuat frasa, kalimat sesuai dengan materi
4. Membahas struktur atau ciri-ciri teks tulis fungsional pendek
5. Latihan menulis kata dan kalimat sederhana
6. Membuat teks tulis fungsional pendek terpimpin ataudengan teman Membuat teks tulis fungsional pendek sendiri dengan bebas
| 1. Menulis kalimat sederhana
2. Menulis teks fungsional pendek berbentuk : · Instruksi · Daftar barang · Pengumuman · Ucapan Selamat
| 1. Test tertulis
2. Tes tertulis
3. Penugasan | 1. Melengkapi
2. Menyusun kata acak
3. Esai bebas
4. Tugas rumah
| 1. Complete the sentences.
2. Rearrange the words into good sentences.
3. Write down your own shopping list based on the situation given.
4. Write down list of instructions to be on time to school.
5. Write a greeting card to your friend on his/her birthday.
6. Write any simple functional text you have learned at home.
| 4 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Tempat kawasan umum yang ada teks fungsional
|
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure
| ü Kecerdasan
ü Kerja sama
ü Ketangguhan | 1. Teks monolog berbentuk
2. Descriptive / procedure
3. Unsur bahasa terkait teks.
4. Langkah retorika terkait teks.
5. Spelling
6. Tanda baca
| 1. Mendengarkan dan merespon wacana cara penulisan teks monolog deskripsi / prosedur 2. Membahas kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog deskripsi / prosedur 3. Memperhatikan dan membaca teks deskripsi / prosedur 4. Menulis frasa-frasa, dan kalimat dan memperbaikinya untuk menulis teks deskripsi / prosedur 5. Menulis teks deskripsi / prosedur 6. dengan struktur teks yang benar secara mandiri | 1. Melengkapi teks – descriptive / procedure dengan kata yang tepat.
2. Menyusun kalimat acak menjadi teks descriptive / procedure dengan runtut dan padu
3. Menulis teks berbentuk descriptive / procedure
| 1. Tes tulis
2. Tes tulis
3. Tes tulis | 1. Meleng-kapi
2. Menyu-sun teks
3. Esai | 1. Complete the blank spaces correctly.
2. Arrange the jumbled sentences into a good
3. Write down a simple | 6 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk
|
Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :
- Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
- Contoh Rencana Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama kelas 7 Semester 2
- Contoh Rencana Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama Semester 1 Kelas 7
- 10 Nama Idiom Tentang Olahraga (Sport Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap