Contoh Perangkat Pembelajaran Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
KELAS VII
SEMESTER I
SMP XXXXXX PALEMBANG
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Nama Sekolah : Sekolah Menengah Pertama XXXXX
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang mengunakan ragam bahasa ekspresi sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang | ü Kepedulian
ü Kepatuhan pada aturan
ü Kerjasama | 1. Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan : Contoh : Menyapa A : Good morning How are you ? B : Fine Thanks. Nice to meet you Memperkenalkan diri A : Hello, I’m Nina B : Hi, I’m Reny Nice to meet you Melarang/Memerintah A : Don’t do that. B : No. I won’t
2. Tata Bahasa · Verb be · Imperatives
3. Kosakata · Kata Terkait Tema · Kata Terkait Jenis teks
| 1. Curah pendapat wacana bahan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, larangan/perintah dan kesantunan
2. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang secara berkelompok
3. Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
4. Menjawab / merespon dengan santun pertanyaan wacana percakapan yg didengar | 1. Merespon ungkapan ungkapan sapaan orang yang sudah /belum dikenal dengan santun
2. Merespon ungkapan perkenalan diri sendiri / orang lain sesuai dengan aturan/norma yang berlaku
3. Melakukan perintah / larangan yang disampaikan guru atau teman dengan benar dan santun secara berpasangan
| 1.Tes lisan
2.Tes tertulis
3.Unjuk kerja
4.Penilaian diri
| 1. Merespon ungkapan lisan
2. Pilihan ganda
3. Melakukan perintah guru
4. Lembar evaluasi diri | Listen to the expressions and give your response. 1. A:Goodmorning. B:……………. 2. Listen and choose the best option. A : “Hi, I’m Yeny,Nice to meet you” B : … a. oh, really ? b. Thank you so much c. It’s a pleasure d. Nice to meet you, too 3. Give it to me, please!
I participate in the discussion actively. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never | 4 x 35 menit | Functional English for Junior High School Grade VII
Let’s Talk
|
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa ekspresi sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan | ü Kepedulian
ü Kesantunan
ü Kejujuran | 1. Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
Contoh:
Meminta dan memberi informasi A : Where’s the book? B : It’s there.
Mengucapkan terima kasih A : Thank you. B : You’re welcome.
Meminta maaf A : I’m sorry. B : It’s okay.
Mengungkapkan kesantunan A : Help me, please. B : With pleasure.
| 1. Mendengarkan dan merespon dengan cermat percakapan wacana meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, undangan maaf, kesantunan.
2. Berlatih memahami dan memakai kosakata dan tatabahasa yang relevan dengan topik /materi
3. Mendengarkan dg seksama percakapan wacana meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, undangan maaf dan kesantunan
4. Berlatih memakai gambit-gambit yang relevan dengan bahan percakapan terkait.
5. Menjawab / merespon pertanyaan menurut bahan yang diperdengarkan dengan cermat dan santun
| 1. Merespon ungkapan Meminta dan memberi informasi dengan benar
2. Merespon ungkapan terimakasih dengan santun
3. Merespon ungkapan Permintaan maaf dengan santun
4. Merspon ungkapan Kesantunan
| 1. Tes lisan
2. Tes tertulis
3. Tes tertulis
4. Tes tertulis
| 1. Merespon pertanyaan / ungkapan lisan
2. Melengkapi percakapan
3. Melengkapi percakapan
4. Melengkapi percakapan
| 1. Listen to the questions / expressions and give your answer / response orally. A : How many people are in the conversation? B : ……
2. Listen to the expressions and write your response. A :Thank You B : ……
A : Sorry I’m Late B : ……
A : Come in, please ! B: ……
| 4 x 35 menit | Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk |
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami makna dalam teks ekspresi fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
2.1. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks ekspresi fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancardan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
| ü Kepedulian
ü Kecerdasan
ü Kerjasama | 1. Teks fungsional pendek. Contoh: Instructions · Keep closed! · Leave me alone. Shopping list Things to buy : · Sugar · Flour · Meat · Butter Greeting cards · Congratulations ! · Well done ! Announcement “ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”
2. Tata bahasa · Imperatives
3. Kosa kata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks
4. Ungkapan Baku · Well done. · Congratulations!
| 1. Menyimak dengan seksama teks fungsional yang dibacakan guru terkait dengan materi
2. Membahas dengan cermat kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase wacana daftar benda/barang secara berkelompok
3. Mendengarkan dengan cermat banyak sekali teladan teks fungsional pendek lainnya
4. Menjawab/merespon secara berpasangan pertanyaan wacana makna tindak tutur ungkapan-ungkapan dalam teks instruksi, shopping list, greeting cards, dan pengumuman dengan cermat.
| 1. Menentukan makna tindak tutur dalam teks ekspresi fungsional pendek dengan tepat terkait dengan: · Instruksi · Daftar barang (Shoping list) · Ucapan selamat · Pengumuman
2. Mengidentifikasi bentuk teks fungsional pendek
| 1. Tes tulis
2. Tes lisan
3. Penilaian diri
| 1. Pilihan ganda
2. Jawaban Singkat
3. Lembar evaluasi diri | 1. Listen to the text and choose the right answer
How many things does she want to buy? a. Three. b. Four. c. Five d. Six
2. What type of text is it?
3. I help others in the discussion. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 4 x 35 menit | Functional English for Junior High School Grade II
Gambar benda-benda kebutuhan sehari-hari
Let’s Talk |
2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks ekspresi fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
| ü Kecerdasan
ü Kepedulian
ü Kerjasama | 1. Teks fungsional pendek: Contoh: Instructions · Keep closed! · Leave me alone.
Shopping list Things to buy : · Sugar · Flour · Meat o Butter
Greeting cards · Congratulations ! · Well done !
Announcement “ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”
2. Tata bahasa · Imperatives
3. Kosa kata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks
4. Ungkapan Baku · Well done! · Congratulations!
| 1. Mendengarkan dan merespon dengan cermat percakapan wacana makna yang tersurat dalam ungkapan teks fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.
2. Mendiskusikan kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan teks fungsional pendek ekspresi berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement
3. Mendengarkan dan Mengidentifikasi makna gagasan teks ekspresi fungsional pendek yang terkait dengan topik bahan secara berpasangan
4. Menjawab dengan tegas pertanyaan-pertanyaan wacana banyak sekali gosip yang terdapat dalam bahan teks yang berkaitan dengan: a. citra umum teks b. gosip rinci | 1. Mengidentifikasi dengan tepat makna gagasan dalam teks ekspresi fungsional pendek berupa: · Instruksi · Shopping list · Greeting card · Announcement
2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek berupa: · Instruksi · Shopping list · Greeting card · Announcement
3. Bekerja sama mengidentifikasi: · Gambaran umum · Informasi rinci · Informasi tersirat · Makna kata
| 1. Tes lisan
2. Tes tulis
3. Tes Tulis
4. Peer assess-ment | 1. Daftar pertanyaan
2. Game
3. Melakukan perintah
4. Melengkapi kalimat
5. T/F
6. Lembar peer assess-ment
| · Listen and answer the questions orally!
· Listen and mention as many shopping list items as you can remember
· Listen to the instruction and do it. 1. Open the door, please!
· Listen to the announcement and fill in the blank spaces 1. The announcement is given to …
· Write down T/F for the statements below 1. The text is about congratulating someone on her/his birthday.
I notice she/he shares ideas with others in group discussions. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never | 4 x 35 menit | Functional English for Junior High School Grade II
Script teks fungsional pendek ekspresi yang ada dalam kehidupan nyata |
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | MateriPembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan memakai ragam bahasa ekspresi sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi denganlingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
| ü Percaya diri
ü Kepedulian
ü Kerja sama | 1. Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan Contoh: Menyapa A : Good morning How are you ? B : Fine Thanks. Nice to meet you
Memperkenalkan diri A : Hello, I’m Nina B : Hi, I’m Reny Nice to meet you
Melarang/Memerintah A : Don’t do that. B : No. I won’t
A : Stop it B : Ok
2. Tata Bahasa · Verb be · Imperatives 3. Kosakata · Kata Terkait Tema · Kata Terkait Jenis Teks
| 1. Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi.
2. Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
3. Membahas makna, kosakata dan struktur percakapan sesuai bahan dalam kelompok.
4. Latihan melaksanakan percakapan dalam bentuk obrolan secara berpasangan.
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai bahan dalam situasi aktual secara berpasangan dengan penuh percaya diri
| Mengungkapkan banyak sekali tindak tutur:
· Menyapa orang yang belum/sudah dikenal
· Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
· Memerintah/melarang
| 1. Unjuk kerja
2. unjuk kerja
3. Unjuk kerja
4. Peer assess-ment | 1. Tanya jawab
2. Bermain peran
3. Bermain peran
4. Lembar peer assess-ment | 1. Make a role play based on a picture.
2. Perform a dialogue self introduction in front of the class!
3. Work in pairs to give and respond to the instruction. a. “Go to the door”. b. “All right.”
4. I notice she/he shares ideas with others in group discussions. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 6 x 35 menit | Script percakapan
Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk
|
3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan memakai ragam bahasa ekspresi sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
| ü Percaya diri
ü Kerjasama
ü Kesantunan
| Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
Contoh : Meminta dan memberi informasi A : Where’s the book? B : It’s there.
Mengucapkan terima kasih A : Thank you. B : You’re welcome.
Meminta maaf A : I’m sorry. B : It’s okay.
Mengungkapkan kesantunan A: Help me, please. B: With pleasure.
| 1. Mendengarkan dan memberi respon tindak tutur terkait topik bahan yang akan disampaikan
2. Mereview kosakata dan tatabahasa yang terkait dalam tindak tutur dengan topik bahan yang dipelajari
3. Mendengarkan model percakapan
4. Berlatih memakai tindak tutur dengan topik bahan yang disampaikan secara berpasangan
5. Menggunakan tindak tutur dengan topik bahan yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas | 1. Meminta dan memberi gosip dengan percaya diri
2. Mengucapkan terima kasih
3. Meminta maaf
4. Mengungkapkan dan merespon kesantunan
| 1. Unjuk Kerja
2. Unjuk Kerja
3. Unjuk Kerja
4. Unjuk Kerja
5. Peer assess-ment
| 1. Tanya jawab
2. Merespon secara lisan
3. Merespon secara lisan
4. Bermain peran
5. Lembar peer assess-ment | 1. Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture.
2. Respond to the following expressions A: Thank you. B: … 3. Respond to the following expressions A: I’m sorry I’m late. B: …. 4. Create a dialogue based on the situations given. A: …. B: …. 5. I notice she/he shares ideas with others in group discussions. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 6 x 35 menit
| Script percakapan
Functional English for Junior High School Grade II
Alat peraga
|
Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks ekspresi fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
4.1. Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
| ü Percaya diri
ü Kereligiusan
ü Kerjasama
| 1. Teks fungsional pendek Contoh: Instructions · Keep closed! · Leave me alone. Shopping list Things to buy : o Sugar o Flour o Meat o Butter Congratulating · Congratulations ! · Happy Idulfitri Day! · Well done! Announcement “ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”
2. Tata bahasa · Imperatives
3. Kosa kata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks
4. Ungkapan Baku · Well done. · Congratulations
| 1. Eliciting kosa kata, tata bahasa dan bentuk teks yang terkait dengan materi
2. Menirukan ungkapan-ungkapan sesuai materi
3. berlatih untuk memberi perintah, menyebtkan daftar barang, mengucapkan selamat, dan mengumumkan dengan singkat secara berpasangan
4. Menggunakan ungkapan percakapan dalam situasi aktual secara mandiri
| 1. Memberi isyarat secara jelas
2. Menyebut daftar benda yang terdapat dalam ruangan tertentu dengan tepat
3. Mengucapkan selamat atas kebahagiaan dan keberhasilan orang lain.
4. Mengumumkan dengan singkat dan jelas.
| 1. Tes lisan
2. Unjuk kerja
3. Unjuk kerja
4. Unjuk kerja
5. Penilaian diri
| 1. Membahasa Kan gambar
2. Uji Petik
3. Uji Petik
4. Uji Petik
5. Lembar evaluasi diri
| 1. Give instruction based on the picture shown!
2. Mention 5 things you have in : a. Your bag b.Your bedroom
3. What would you say to a friend : a. on his/her birthday b. in weekends c. if he/she has got the best in class
4. Announce to your friends when and where the coming flag ceremony will be held.
5. I participate in the discussion actively. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never | 6 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Alat peraga
|
4.2. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks ekspresi fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
| ü Percaya diri
ü Kereligiusan
ü Kerjasama
| 1. Teks fungsional pendek. Contoh: Instructions · Keep closed! · Leave me alone.
Shopping list Things to buy : o Sugar o Flour o Meat o Butter
Congratulating · Congratulations ! · Merry christmast! · Well done !
Announcement “ School is closed tomorrow because it’s the WAISAK day.”
2. Tata bahasa · Imperatives
3. Kosa kata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks
4. Ungkapan Baku · Well done. · Congratulations!
| 1. Mendengarkan dan memberi respon introduction wacana makna gagasan teks ekspresi fungsional pendek sesuai topik bahan yang akan disampaikan
2. Mendengarkan dan memberi respon klarifikasi wacana kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek dengan seksama
3. Mendengarkan model teks-teks ekspresi fungsional pendek dan mengidentifikasi makna gagasannya
4. Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi secara berpasangan
| Menyampaikan teks fungsional pendek: instruksi, shopping list, congratulating dan pengumuman secara ekspresi dan jelas.
| 1. Tes lisan
2. Tes lisan
3. Unjuk kerja
4. Unjuk kerja
5. Penilaian diri
| 1. Membahasakan gambar
2. Uraian
3. Uji Petik
4. Uji Petik
5. Lembar evaluasi diri | 1. Give instruction to your friend based on the picture.
2. Mention the things that you find in your bedroom.
3. Congratulate your friend on his / her success in doing something.
4. Announce to your friend about the coming school holiday.
5. I participate in the discussion actively. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 6 x 35 menit
| Script of short functional texts
Functional English for Junior High School Grade II
Alat peraga
|
Standar Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
5.1. Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
| ü Percaya Diri
ü Kecerdasan
ü Ketangguhan | 1. Pronunciation kata dan Intonation: frasa, kalimat yang telah dipelajari
2. Teks fungsional pendek berbentuk: · Instruksi · Daftar barang · Ucapan selamat · Pengumuman
| 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam aktivitas membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan model membaca nyaring
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model dengan akurat
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar dengan percaya diri | · Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
· Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
· Membaca nyaring teks fungsional pendek dengan baik dan benar serta percaya diri.
| 1. Tes unjuk kerja
2. Observasi
3. Observasi | 1. Uji petik membaca nyaring
2. Lembar Observasi
3. Lembar Observasi | 1. Read the following words and phrases loudly and correctly.
2. Read the following sentences loudly and correctly.
3. Read the following text loudly, correctly and fluently.
| 6 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk
|
5.2. Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat | üKecerdasan
üKerjasama
üKepedulian
| Teks fungsional pendek berbentuk:
· Instruksi · Daftar barang · Kartu ucapan · Pengumuman
| 1. Curah pendapat yang terkait dengan materi
2. Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan, tujuan teks, dsb dalam kelompok
3. Mengidentifikasi gosip yang terdapat dalam bacaan
| 1. Mengidentifikasi banyak sekali gosip dalam teks fungsional pendek berbentuk : · Instruksi · Daftar barang · Kartu ucapan · Pengumuman
2. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
3. Mengidentifikasi tujuan masing-masing teks fungsional yang telah dibahas. | 1. Tes tulis
2. Tes tulis
3. Tes tulis
4. Tes tulis
5. Penilaian diri | 1. Pilihan ganda
2. Meleng-kapi kalimat/ frase
3. Menjawab pertanya-an
4. Menjawab singkat
5. Lembar evaluasi diri | 1. Read the text and choose the correct answer.
When will the flag ceremony be held? a. … b. … c. … d. …
2. What are the verbs used in the text?
3. What’s the purpose of the text?
4. I participate in the discussion actively. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 6 x 35 menit | Functional English for Junior High School Grade II
Let’s Talk
|
Standar Kompetensi : 6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
6.1. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | ü Kecerdasan
ü Kerjasama
ü Kereligiusan
| 1. Teks fungsional pendek berbentuk: · Instruksi · Daftar barang · Kartu ucapan · Pengumuman
2. Kalimat sederhana terkait bahan dan jenis teks.
3. Tanda Baca
4. Spelling | 1. Mereview ciri-ciri jenis teks fungsional pendek
2. Membuat frasa, kalimat sesuai bahan berpasangan
3. Membuat teks fungsional pendek secara berkelompok
4. Menulis dan memajang hasil karya teks fungsional pendek secara mandiri
| 1. Melengkapi teks fungsional pendek
2. Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
3. Menulis teks fungsional pendek
| 1. Tes tertulis
2. Tes tertulis
3. Tes tertulis
4. Tes tertulis
5. Penilaian diri | 1. Melengkapi titik-titik yang kosong
2. Menyusun kata
3. Menyusun kalimat
4. Esai
5. Lembar evaluasi diri | 1. Complete the blank spaces of the following text using the suitable words or phrases!
2. Arrange the jumbled words
3. Arrange the jumbled sentences in a good order
4. Make a greeting card (choose the topic you like: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)
5. I help others in the group discussion. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 8 x 35 menit | Functional English for Junior High School Grade II
Alat peraga
Lingkungan sekitar yang terdapat pengumuman dan tanda peringatan |
6.2. Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan memakai ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | ü Kecerdasan
ü Kereligiusan
ü Kerjasama | 1. Teks fungsional pendek berbentuk:
· Instruksi · Daftar barang · Kartu ucapan · Pengumuman
2. Langkah retorika teks fungsional pendek | 1. Mengidentifikasi langkah retorika teks fungsional pendek yang diberikan dengan proteksi guru
2. Menyusun kata dan frasa menjadi kalimat secara mandiri 3. Menyusun kalimat menjadi teks fungsional pendek yang padu dalam kelompok
4. Menulis teks fungsional pendek.
5. Mendisplay hasil karya siswa | 1. Menyusun kata dan frasa acak menjadi kalimat yang padu.
2. Menyusun kalimat acak menjadi teks fungsional pendek yang padu
3. Menulis teks fungsional pendek menurut gambar/situasi yang diberikan dengan runtut.
| 1. Tes tulis
2. Tes tulis
3. Tes tulis
4. Penuga-saan
| 1. Jumbled words
2. Jumbled sentences
3. Esai
4. Project
| 1. Arrange the following jumbled words into a good sentence.
2. Arrange the following jumbled sentences into a good text
3. Write a simple text based on the following situations or pictures provided.
4. Go to public places and write any functional texts of instructions, list of things, greeting cards, and announcements
5. I share ideas in the group discussion. ¨ Always ¨ Sometimes ¨ Never
| 8 x 35 menit
| Functional English for Junior High School Grade II
alat peraga Pengumuman instruksi, daftar barang, kartu ucapan otentik
|
Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :
- Contoh Rencana Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama kelas 7 Semester 2
- Contoh Rencana Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama Semester 1 Kelas 7
- 10 Nama Idiom Tentang Olahraga (Sport Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap
- Penjelasan Dan Perbedaan Arti Serta Penggunaan Bahasa Inggris British Dan Bahasa Inggris Amerika